Rinjani

Jika perjalanan dapat diatur dengan baik, kita dapat sampai di Plawangan Sembalun (Camp area pertama) menjelang sore hari. Menikmati matahari terbenam sambil menunggu makan malam yang disiapkan oleh crew pendakian. Dan lalu tidak ada salahnya jika makan malam kita nikmati di luar tenda, di bawah taburan bintang langit Pulau Lombok. Menikmati secangkir kopi/teh sembari beristirahat setelah sebelumnya melintasi pendakian cukup panjang dari desa Sembalun, menembus padang savana Gunung Rinjani dan melintasi 7 bukit penyesalan.

Tetap jaga semangat!
Pendakian yang sesungguhnya baru akan dimulai malam ini, pendakian menuju 3.726 mdpl puncak gunung tertinggi ketiga di Indonesia, setelah Puncak Cartenz Pegunungan Jaya Wijaya dan Puncak Indrapura Gunung Kerinci. Pendakian ke puncak tertinggi dari Camp Plawangan Sembalun akan memakan waktu kurang lebih 4-6 jam pendakian, persiapkanlah diri Anda untuk beristirahat selama di Camp untuk memulihkan stamina. Sebelum memulai pendakian, crew pendakian Gunung Rinjani akan menyiapkan coffe break, manfaatkanlah ini untuk mengisi energi. Dan jangan lupa bawalah perbekalan yang cukup, cemilan yang menghasilkan tenaga dan air minum, jangan sampai Anda kekurangan air karena perjalanan ke puncak akan didominasi oleh pasir yang sangat kering.

Menikmati tenangnya Danau Segara Anak
Setelah berhasil berdiri di puncak tertinggi ketiga di Indonesia. Turun dari puncak kita akan langsung menuju lokasi Camp kedua di tepi Danau Segara Anak. Ini saatnya menjelajahi keindahan-keindahan lainnya dari Gunung Rinjani. Sebab tidak hanya keindahan alam yang ada di Gunung Rinjani, tapi juga sumber makanan beberapa diantaranya dapat kita manfaatkan sebagai bahan cadangan makanan selama pendakian. Salah satunya di dekat sumber mata air di Kawasan Segara Anak, disana tumbuh tanaman sayur-mayur yang di sebut warga sebagai Daun Bilong yang sangat nikmat dimasak dengan sambal. Warga desa biasa menyebut masakan ini sebagai Sambal Bilong, cobalah masakan ini sebagai salah satu cara berwisata kuliner khas Gunung Rinjani. Selain itu kita juga bisa memancing di Danau ini, untuk mendapatkan ikan sebagai tambahan lauk selama pendakian.

Berendam air panas langsung dari alam
Selain bisa menemukan bermacam-macam bahan makanan seperti itu, kita juga bisa menikmati berendam air panas langsung di atas gunung. Lagi-lagi tidak jauh dari camp area Kawasan Danau Segara Anak, sekitar 500 m dari camp area terdapat air terjun yang tingginya kurang lebih 3 meter, dengan aliran air panas terjun ke dalam kolam alam yang dapat kita gunakan untuk berendam. Jika kita tiba sebelum malam di Danau Segara Anak, kita dapat berendam air panas di sana, untuk sekedar mengistirahatkan otot-otot yang tegang setelah pendakian ke puncak. Malam kedua yang kita lalui akan lebih santai, setelah target puncak terlaksana, nikmatilah lagi taburan bintang di langit Pulau Lombok yang akan menjadi moment langka.

Malam ketiga akan kita habiskan bersama di Plawangan Senaru, untuk menuju ketempat ini sebelumnya kita akan melintasi beberapa trek pendakian yang terjal namun menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah, kita dapat menyaksikan Gunung Baru Jari dari sisi yang berbeda.
Kata orang; “Rinjani adalah gunung paling cantik se-Indonesia.” Percaya atau tidak, buktikanlah sendiri.

ITINERARYINFORMASI TRIPKETENTUANPERLENGKAPANPENDAFTARAN

DAY 1
XX.XX – 22.00 : Penjemputan peserta di Bandara/Mataram/Pelabuhan
22.00 – XX.XX : Perjalanan ke Desa Sembalun
DAY 2
XX.XX – 01.00 : Tiba di Desa Sembalun, Menginap di Homestay
01.00 – 05.00 : Istirahat
05.00 – 07.00 : Bangun tidur, persiapan pendakian [Makan] 07.00 – 07.30 : Perjalanan ke pintu pendakian dengan mobil pick up
07.30 – 12.00 : Perjalanan Sembalun – Pos 3
12.00 – 13.00 : Istirahat makan siang [Makan] 13.00 – 17.00 : Perjalanan Pos 3 – Plawangan Sembalun
17.00 – XX.XX : Bermalam di Plawangan Sembalun [Camp 1, Makan]

DAY 3
01.00 – 02.00 : Bangun, [coffee break], persiapan summit attact!
02.00 – 06.00 : Perjalanan Plawangan Sembalun – Puncak 3728 m.dpl
06.00 – 08.00 : Menikmati puncak Gunung Rinjani
08.00 – 10.00 : Perjalanan turun menuju Plawangan Sembalun
10.00 – 11.00 : Istirahat [Makan] 11.00 – 15.00 : Perjalanan Plawangan Sembalun – Danau Segara Anak
15.00 – XX.XX : Enjoy Danau Segara Anak [Camp 2, Makan]

DAY 4
XX.XX – 14.00 : Still enjoy Danau Segara Anak [makan pagi dan siang] 14.00 – 18.00 : Perjalanan Danau Segara Anak – Plawangan Senaru [Camp 3, makan malam]

DAY 5
XX.XX – 05.00 : Bangun [makan] 05.00 – 09.00 : Menikmati pemandangan dari Plawangan Senaru
09.00 – 16.00 : Perjalanan Plawangan Senaru – Senaru
16.00 – 18.00 : Beristirahat di RTC
18.00 – XX.XX : Check in homestay Senaru [Makan 3]

DAY 6
08.00 – 09.00 : Bangun, Sarapan [Makan 4] 09.00 – 15.00 : Check out homestay, pulang menuju sentra oleh-oleh dan Bandara. Ke Hotel/Pel. Bangsal bagi yang akan melanjutkan tour di Lombok/Gilitrawangan.

NB: Itinerary di atas bersifat kondisional, menyesuaikan dengan kondisi alam, kondisi fisik peserta dan kejadian tidak terduga lainnya.

Agar memudahkan manajemen perjalanan, untuk sebagian perlengkapan tim sudah kami koordinasikan. Biaya trip Rp 1.950.000,- dengan ketentuan minimal kuota 12 orang. JIka peserta tidak mencapai minimal maka dilakukan penyesuaian harga atau fasilitas agar trip tetap dapat berjalan. Peserta diharapkan sudah sampai di bandara Praya Lombok pada pukul 22.00 WITA untuk penjemputan.

NB: Untuk yang berminat jalur darat bisa dikonsultasikan pada kami untuk itinerary, akomodasi, transportasi, dsb. Jika ada banyak peserta yang memilih jalur darat kami bisa membuatkan alternatif open trip jalur darat.

Iuran trip di atas sudah termasuk:
* Transport selama trip
* Simaksi pendakian Rinjani
* Makan di penginapan a3x: 1x sebelum pendakian (di Sembalun) dan 2x setelah pendakian (di Senaru)
* Perlengkapan Camp: tenda, alat masak, bahan bakar
* Alat makan
* Bahan makanan pokok selama pendakian
* Guide dari Filosantara
* Porter Tim (membawa perlengkapan tim)
* Cooking service
* P3K tim
* Penginapan di Sembalun
* Penginapan di Senaru
* Souvenir Filosantara
**harga sewaktu-waktu dapat berubah, menyesuaikan fluktuasi harga bbm, barang dan jasa

Exclude:
* Pengeluaran pribadi di luar include paket
* Tips crew; Guide/Tour Leader, Porter & Driver sukarela
* Transportasi dari domisili ke meeting point

Pembayaran bisa transfer via:
BNI, Cabang UI Depok, No.Rek 0178346809 an. Andri Septian
BCA, Cabang Kota Wisata, No.Rek 5725085581 an. Argatyas Asmoro
Transfer bisa secara full sejumlah biaya trip, atau DP terlebih dahulu sejumlah Rp 650.000,-, namun harus sudah dilunasi maksimal H-7 keberangkatan. Kalau sudah transfer bisa langsung kirimkan bukti transfernya beserta pic KTP melalui whatsapp ke kontak atau email ke filosantara@outlook.com

Selanjutnya, kita punya semacam perjanjian mengenai pembayaran:
1. Jika kalian mundur/batal sebelum hari H, maka biaya yang sudah ditransfer tidak dapat dikembalikan, tetapi bisa diganti dengan peserta lain.
2. Jika kalian mundur/batal pada hari H, maka biaya yang sudah ditransfer tidak dapat dikembalikan dan dianggap hangus (tidak bisa diganti dengan peserta lain).
3. Jika ada Force Majeure seperti bencana alam, kebijakan pemerintah, perang, dsb atau termasuk hal-hal yang diluar kehendak kita yang diluar kemampuan manusia, menyebabkan mundurnya atau dibatalkannya trip ini maka akan dibicarakan secara musyawarah.
4. Jika ada Force Majeure, dan hasil musyawarah adalah pembatalan trip, maka uang akan dikembalikan kecuali uang untuk transportasi.

1. Carrier / daypack
2. Pakaian trekking
3. Sleeping bag
4. Matras gulung / alumunium
5. Jaket gunung (cold proof / water proof / wind proof)
6. Sepatu outdoor / sandal gunung
7. Jas hujan / ponco
8. Pakaian ganti
9. Headlamp / senter dan baterai cadangannya
10. Sarung tangan
11. Kaos kaki
12. Kupluk / topi / slayer
13. Alat bersih-bersih (tissue, dll)
14. Obat-obatan pribadi
15. Trash bag
16. Masker
17. Treking Pole (optional)
18. Kartu identitas (KTP / SIM / KTM / Kartu Pelajar, dll)

Logistik yang disiapkan masing-masing;
1. Air mineral
2. Snack / biscuit / wafer / mie instan
3. Coklat / gula merah / madu
4. Minuman sachet

Pertama silahakan pilih tanggal yang sesuai dengan rencana trip kalian, berikut jadwal open trip kita untuk pendakian Gunung Rinjani:

  • Belum ada jadwal
  • Jadwal lain, request by private trip

Jika sudah menentukan tanggal, silahkan hubungi kontak berikut unutk konformasi kuota:Jika sudah pilih tanggal, silahkan kontak kita untuk konfirmasi kuota:
Arga Tyas Asmoro : SMS/Whatsapp 087886861176 / BBM 5AAEDD96
Andri Septian : SMS/Whatsapp 081210155375 / BBM 763821AD
Kemudian isi formulir pendaftaran sebelum melakukan pembayaran.

Add Friend

8 Replies to “[OPEN TRIP] Pendakian Gunung Rinjani 2019”

  1. kalo rinjani harus tripnya paling cepat berapa hari min?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *